Pesona Sungai Musi

Coba tunjuk tangan, siapa yang tahu Sungai Musi itu berada di mana?

Sebagian besar Sahabat pasti tahu kalo Sungai Musi berada di Provinsi Sumatera Selatan. Jika ada yang menjawab di Paris, Bremen, Los Angeles, Tokyo, Kuala Lumpur, atau malah Mekkah berarti tuh orang udah parah banget. Pasti nilai pelajaran geografinya dulu dapat nilai merah menyala.

Panjang Sungai Musi 460 KM yang membelah Provinsi Sumatera Selatan dari timur ke barat. Sungai ini pun kadang pula disebut dengan sebutan Sungai Batanghari Sembilan karena memiliki cabang-cabang dengan delapan anak sungai besar, yaitu Sungai Komering, Ogan, Lematang, Kelingi, Lakitan, Semangus, Rawas dan Batanghari Leko.

Kadang ada yang bertanya, kenapa dinamakan Sungai Musi, bukan Sungai Isum, Sumi, Imsu, Usim, atau Msui? Jawabannya sampai sekarang tidak ada yang bisa memastikan. Setidaknya ini info yang Denuzz raih dari Dinas Pariwisata Kota Palembang.

Ketika menelusuri Sungai Musi, mata akan dimanjakan dengan pemandangan pemukiman pinggir sungai, rumah-rumah rakit, megahnya PT Pusri, Pertamina, daerah Bagus Kuning, masjid Lawang Kidul, Masjid Ki Merogan, Benteng Kuto Besak, warung terapung, dan puncaknya bisa berwisata di Pulau Kemaro yang di sana berdiri kokoh bangunan klenteng kuno yang megah nan rupawan.

Pada setiap tahunnya, ketika hari jadi Kota Palembang dan hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, di Sungai ini selalu diadakan lomba perahu bidar dan perahu motor hias yang sangat menyejukkan mata. Terbukti, yang menyaksikan acara-acara ini tidak hanya masyarakat Kota Palembang tiap tahunnya, tapi juga masyarakat luar Kota Palembang bahkan turis mancanegara.

Untuk sarana menikmati alunan lembut gelombang Musi, Perahu ketek, speed boat, dan kapal wisata “Segentar Alam” dan “Putri Kembang Dadar” siap sedia untuk diberangkatkan.

Ini beberapa penampakan Sungai Musi.

 

Sungai Musi | Jembatan Ampera
Sungai Musi Kala Malam

 

Sungai Musi | Jembatan Ampera
Sungai Musi Kala Siang dan Kesibukan “Ketek” yang beroperasi
Sungai Musi | Jembatan Ampera
Nah Ini Sungai Musi Kala Antara Siang dan Malam

.

Terus apa nama jembatan yang membentang membelah Sungai Musi?

Hayoo … Siapa yang tahu? (buktikan kalo nilai Georafi da Sejarah sahabat gak merah menyala)

RED vs PENGANTEN SUNAT

Denuzz adalah seorang maniak film, khususnya film-film laga dan perang. Layaknya maniak film sejati, Denuzz suka paling suka menikmati film-film luar, semisal Batman, Die Hard, Spiderman, The Mummy, termasuk animasi Up, Shrek, Madagaskar, dan Ice Age. Bukan berarti Denuzz tiada cinta produk dalam negeri, tapi emang produk dalam negerinya aja yang menurut Denuzz kurang cocok ditonton a.k.a. menghabiskan waktu saja.

Mungkin ada perbedaan Denuzz dengan beberapa maniak film lainnya. Di kala sekarang film bisa dengan mudah download di internet, Denuzz lebih memilih untuk menonton di bioskop sebagai bentuk penghargaan Denuzz kepada si pembuat film dan juga tentu menambah omzet negara. Artinya, sebisa mungkin Denuzz akan menghindari produk bajakan.

Tadi siang, Denuzz bersama Burung Hantu Betina diberikan kesempatan oleh Tuhan (lebaaay) untuk menyaksikan kedahsyatan film Red. Awalnya kita ragu harus memilih RED (Retirement Extremely Dangerous) atau DETECTIVE DEE. Dan keputusan ini dirasa keputusan yang paling tepat dan memikat. Pesona Andy Lau kalah oleh Bruce Willis di mata kita berdua.

Red, layaknya kebanyakan film action Hollywood, berkisah tentang agen-agen CIA. Perbedaannya agen-agen di film ini adalah agen yang telah pensiun semua. Tokoh utamanya Frank Moses (Bruce Willis) tetap berakting apik. Dia berperan sebagai seorang pensiunan agen lapangan CIA bidang Black-ops yang hendak menempuh sebuah hidup normal, salah satunya ialah dengan mencintai seorang pegawai dana pensiun, Sarah Roses (Mary-Louis Parker).

Semua berawal dari sebuah percobaan pembunuhan terhadap Frank, namun berhasil digagalkan. Dari sanalah bermula pula petualangan Frank dan Sarah dalam mencari siapa dan apa maksud di belakang aksi percobaan pembunuhan itu.

Tidak hanya aktor senior Bruce Willis yang bermain cantik di film ini, terdapat juga nama besar Morgan Freeman, John Malkovich, Hellen Mirren dan Brian Cox. Walaupun mereka angkatan tua, tetap kualitas akting tiada berkurang. Meskipun basic film ini action, namun sang sutradara bisa menyisipkan komedi-komedi yang mengundang gelak tawa sepanjang pemutaran.

Jika Denuzz ceritakan detail filmnya satu-satu, pasti Sahabat bakal bosen deh. Mending tonton langsung aja. Dijamin tiada kan menyesal. O ya, film ini adalah adaptasi dari komik terbitan DC COMICS dengan judul yang sama.

Film RED | Resensi Film RED
Ini tampilan cover RED. Keren kan?

.

Di atas Denuzz bilang tiada terlalu menyenangi film-film dalam negeri. Tapi ada beberapa pengecualian semisal Ayat-ayat Cinta, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Denias, Sang Pencerah. Nah, daftar di pengecualian itu nambah satu lagi, yaitu PENGANTEN SUNAT!

Film ini belom Denuzz tonton karena memang tayang perdana tanggal 25 November nanti. Terus kenapa bisa suka? Karena THE VIRGIN maen di sana. Jadi gak sabar liat akting pujaang hatiku, Mita The Virgin, dan si cantik, Dara The Virgin!

 

Penganten sunat | Resensi penganten sunat
Ada THE VIRGIN LOH … I love you, Mita, and I miss you, Dara.

.

Adakah Sahabat yang juga pernah menonton RED? Atau, kira-kira bakalan tenar gak film PENGANTEN SUNAT ntar? (Pastinya tenar di mata VIRGINITY seperti Denuzz)

Rokok

Rokok adalah salah satu hal yang sudah sangat akrab dalam kehidupan masyarakat kita. bermacam-macam merek rokok bertebaran di warung-warung, mulai dari rokok kretek, filter, mint, sampai rokok tembakau gulung sendiri seperti yang sering dihisap almarhum kakek Denuzz dahulu (di sini di sebut rokok lintingan). Sebanding lurus dengan penyebaran rokok di bumi nusantara, bertebaran pula lah asap rokok di mana-mana,  seperti pasar, kampus, terminal, angkot, bis kota, bahkan di dalam toilet sekolah (karena pelajar yang merokok takut ketahuan guru). Perokok pun semakin hari semakin bertambah pesat bak jamur di musim penghujan.

Ada banyak alasan kenapa seseorang menjadi perokok, antara lain:

  1. Merokok membuat seorang lelaki bertambah cool, macho, dan percaya diri di mata orang lain, khususnya kaum Hawa. Padahal kaum hawa sendiri sebagian besar berpikir, “Tuh cowok emang ganteng, tapi sayang merokok. Ogah ah jadi pacar dia!
  2. Perokok sering mengatakan merokok adalah obat obat stres, setidaknya lebih baik daripada minum-minuman keras atau dugem. Padahal masih banyak jalan lain untuk mengobati stres, seperti bermain game on-line, berkumpul dengan sahabat, atau cuci mata ke mall lihat cewek-cewek cantik.
  3. Merasa ada yang kurang bila sehabis makan tiada menghisap rokok.
  4. Hidup sudah tak bisa dipisahkan dari rokok.

Di atas hanyalah 4 dari 1001 alasan kenapa orang merokok.

Sekarang mari perhatikan dengan seksama dan tidak dalam tempo yang sesingkat-singkatnya gambar di bawah ini:

Rokok,bahaya rokok,racun dalam rokok

Denuzz sebenarnya tidak terlalu paham maksud dari gambar ini, tapi gambarnya lumayan keren dan mengerikan! Denuzz hanya ingin memberitahukan cuma-cuma sesuatu hal yang mungkin sudah menjadi rahasia dunia. Yang ingin Denuzz beritahukan kepada Sahabat adalah:

Racun utama pada rokok adalah Mas Tar, Bibi Nikotin, dan Om Karbon Monoksida.

Mas Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Bibi Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu Kanker Paru yang mematikan. Terakhir, Om Karbon Monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Nah terus apa efek yang diperbuat oleh mas, bibi, dan om ini terhadap perokok? Ketiga orang ini membuat penghisap asap rokok mengalami risiko (dibanding yang tidak menghisap asap rokok):

14 KALI MENDERITA KANKER PARU-PARU, MULUT, DAN TENGGOROKAN, 4 KALI MENDERITA KANKER ESOPHAGUS, 2 KALI MENDERITA KANKER KANDUNG KEMIH, DAN 2 KALI MENDERITA SERANGAN JANTUNG!

ROKOK JUGA MENINGKATKAN RISIKO KEFATALAN BAGI PENDERITA PNEUMONIA DAN GAGAL JANTUNG, SERTA TEKANAN DARAH TINGGI.

Mengerikan, kan? Apakah Sahabat mau?

Tambahan:

  1. Di bungkus rokok padahal udah ada tulisan “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.
  2. Pendapatan pajak terbesar negeri ini adalah dari rokok!

.

Artikel ini terselenggara dalam rangka mengingatkan diri pribadi Denuzz sendiri sebagai perokok stadium akhir pada khususnya, dan perokok yang kebetulan nyasar ke Sarang BURUNG HANTU pada umumnya. Semoga membawa kebaikan.

.

Referensi:

Otak yang bersemayam dalam tengkorak kepala Denuzz

Intinusantara.wordpress.com

general.forumotion.com

JANDA-JANDA PAHLAWAN NAN MALANG

SENIN, 26 JULI 2010

Apa yang ada di otak lo kalo mendengar kata ‘pahlawan’? Sebagian besar lo yang masih bener otaknya pasti akan menjawab kurang lebih begini, “Pahlawan adalah orang yang berjuang untuk sesuatu hal. Dalam aspek janda-pahlawan negara, pahlawan itu adalah orang yang rela berkorban jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan negara.” Gak salah kan kalo gue bilang pahlawan itu adalah sosok manusia yang hebat dan terhormat. Terserah itu pahlawan yang gugur dalam medan perang atau masih hidup setelah kemerdekaan tercapai. Terus, bagaimana dengan istri pahlawan? Gue dengan tegas mengatakan kalo istri para pahlawan itu sama terhormatnya dengan pahlawan sendiri. Istri yang setia kepada suami akan melakukan apa saja yang suami perlukan. Dia melayani suaminya dengan ikhlas tanpa pamrih. Istri pula yang menjadi motivasi pahlawan untuk menang dan kembali ke pelukan istri-istri mereka. Jadi, istri pahlawan adalah pahlawan!

Di negara kita, pahlawan seperti mendapatkan tempat yang tehormat, namun kenyataannya tidaklah demikian. Lihat saja kehidupan banyak veteran perang saat ini yang tidaklah layak. Padahal mereka itulah yang dulunya berjuang untuk kemerdekaan negara. Kita lihat kasus yang sedang marak saat ini, naas, istri para pahlawan dipidanakan oleh lembaga negara hanya karena kasus tempat tinggal.

Semampu apa sih nenek-nenek tua ngelakukan tindak pidana? Jujur, gue gak terlalu mengerti masalah hukum. Di sini, gue membahas dari sisi kemanusiaan, karena gue manusia yang masih punya hati nurani. Mereka dipaksa pindah dari rumah yang selama ini menyimpan kenangan mereka bersama almarhum pahlawan secara paksa dengan alasan untuk kepentingan masyarakat banyak. Gue gak yakin dengan alasan itu. Pastilah sebuah alasan untuk membenarkan sebuah kepentingan sekelompok orang. Tak segan-segan pula para ‘orang terhormat’ mempidanakan nenek-nenek yang bicara pun susah ini. Lagian toh, ‘tersangka pidana’ ini dari awal udah punya niat baik untuk membeli rumah tersebut.

Wahai para penegak hukum yang terpaksa gue hormatin, gunakan hati nurani kalian. Mereka itu orang-orang hebat yang telah membantu para pahlawan dalam berjuang. Sungguh terlalu kalian tega melihat 2 orang nenek renta duduk di depan istana negara di tengah teriknya matahari selama 65 menit hanya untuk menuntut apa yang menjadi hak mereka. Memang bener hukum terdiri dari serentetan peraturan yang harus ditegakkan. Namun, apakah hukum tidak berperikemanusiaan? Apakah nenek-nenek ini pantes dipersangkakan untuk tuduhan yang diajukan (kasus pidana)? Apakah benar lembaga yang notabenenya melayani rakyat kukuh melakukan hal ini demi kepentingan segelintir orang? Gue tunggu ending yang indah dari kasus ini. Gue menuntut keadilan atas nama kemanusiaan. Teruslah berjuang, Nek. Bagi gue kalian juga pahlawan dalam menyadarkan nurani negara ‘merdeka’ ini.

BELAJAR BIKIN BANNER BUAT TUKERAN LINK, MAU?

Akhirnya setelah sekian lama punya blog, gue udah bisa bikin banner buat tukeran link sesama blogger. Haha. Prestasi yang membanggakan bangsa dan negara. Lebay lagi. Nah, gue mau bagi-bagi ilmu ke lo yang masih ‘cupu’ dan kebingungan bikin yang kayak beginian.

Itu gambar fungsinya kalo ada blogger laen yang mau masukkin link kita ke blog dia, dia bakal copu link itu. Nih, hasil yang akan timbul di blog dia.
Trik-Tips Blog

Dengan demikian, enak toh? Kita bisa promosi blog kita di blog orang laen. Terus gimana bikinnya? Sini gue ajarin.
Ikuti langkah-langkah ini:
1. Lo buka http://cooltext.com/ . Abis itu lo pilih logo seperti apa yang lu inginkan. Klik.
2. Nah, di bagian ini lo setting sendiri logo lo mau lo apain, tulisannya apa, warnanya apa, dan sebagainya. Kalo udah, klik Render Logo.
3. Lo download logo yang udah lo setting tadi.
4. Buka http://photobucket.com/ . Kalo lo dah punya akunnya tinggal loh in doang. Tapi, kalo belom lo mesti bikin akun baru dulu. Gampang kok.
5. Lo upload deh gambar logo tadi dengan klik UPLOAD IMAGES AND VIDEOS. Tunggu sampe kelar.
6. Nah, udah kelar kan? Sekarang lo udah punya kode HTML buat gambar lo.
7. Lo masuk ke dashboard blog lo. Gue pake wordpress. Pilih ‘widgets’, lalu ‘add text’.
8. Lo masukin kode dibawah ini:

<textarea name=”textarea” cols=”20″><br><a href=”http://blog.beswandjarum.com/denus” target=”_blank”><img border=”0″ alt=”Trik-Tips Blog” width=”90″ src=”http://i912.photobucket.com/albums/ac327/Denuzzblog/cooltext465263824MouseOver.png&#8221;></a></textarea>

Yang dicetak tebal di atas lo ganti dengan alamat blog lo dan HTML gambar yang udah diupload pake Photobuckets tadi.
9. Selesai kan? Sekarang lo tinggal minta teman blogger lo copy di sidebar-nya dia biar timbul tuh banner lo. Good Luck.
Salam BLOGGER!

DITJEN PAJAK KESULITAN PUNGUT PAJAK JUAL BELI ONLINE

MINGGU, 25 JULI 2010

Gue baru baca nih berita. Emang sih yang namanya Negara akan mencari sela apapun untuk memungut pajak. Katanya untuk pembangunan. Jangan terus-terusan aja deh seperti Gayus Tambunan. Hehe. Kali ini pemerintah melalui Ditjen pajak sedang berusaha dan berpikir keras untuk bisa memungut pajak dari transaksi jual beli yang dilakukan dengan fasilitas internet (online bos). Gue pribadi liat emang besar banget potensi pajak dari transaksi satu ini.

Meskipun udah diusahain sekuat tenaga. Hehe. Ternyata sampe sekarang Ditjen pajak belum bisa merealisasikannya. Kalo gue pikirin ada dua sebab kenapa ini belum terealisasi. Mau tau gak? Nih gue kasih tau. Bayar! Satu info nilainya Rp. 5.000. Kidding gan.

Nah, menurut gue sebabnya sebagai berikut:

  1. Sumber Daya Manusia yang dimiliki Ditjen pajak di bidang IT masih belum memadai. Berani banget ya gue bilang gitu. Ya iyalah gue berani. Toh yang bilang demikian pejabat Ditjen Pajak sendiri kok sebagaimana yang gue baca di salah satu harian nasional. Nah, makanya, harus banyak belajar dong pekerja pajaknya. Terus, kalo rekrut karyawan, rekrut orang yang bener-bener ngerti pajak dan keuangan, serta harus gak gaptek. Lanjut, STAN mah kuliahnya harus diperdalam lagi ilmu IT-nya, banyakin tuh sks-nya. Nah kalo udah begitu, yakin deh Ditjen pajak gak gaptek lagi dan bisa urus pajak dari transaksi Online. Kalo udah dipungut, tambah kaya deh Negara. Kalo Negara tambah kaya, makin semangat pejabat buat korupsi. Hehe.
  2. Alasan kedua karena wajib pajak di Indonesia masih tidak sadar, kurang sadar, atau malah sadar tapi pura-pura gak sadar. Negara dengan aturan self assesstment system mengharapkan keasadaran masyarakat untuk membayar pajak. Tidak terkecuali masyarakat yang melakukan transaksi online, mereka diharapkan melaporkan transaksinya dan membayar pajaknya. Kalo begitu susah kan. Dari 1000 gue kira cuma 1 yang bakal melaporkan apa yang mereka lakukan di internet ke Ditjen pajak. Jarang banget ada orang yang mau duitnya berkurang karena pajak. Hehe. Jujur, gue aja yang berapa kali transaksi jual beli di internet gak mau bayar pajak. Toh, emang karena gue transaksinya dikit-dikit, gak rela dong dipotong pula oleh pajak. Kalo semua orang seperti gue, kapan Indonesia maju ya?

Eh, sekarang yang penting dilakukan oleh Ditjen Pajak Indonesia ialah menghilangkan stigma negatif dari masyarakat yang menganggap kalo Pajak itu ladang korupsi, terbukti dengan kasus Gayus! Orang gak mau niatnya bayar pajak untuk pembangunan Negara, eh ternyata untuk pembangunan rumah tangga pejabat pajak. Hehe.

KOMPOR BIOGAS LIMBAH TAHU KHAS TEGAL, alternatif ide rakyat

SABTU, 24 JULI 2010

Sepuluh jempol deh gue kasih buat warga Desa Adiwerna, Kabupaten Tegal. Keuletan dan daya pikir mereka berhasil menemukan sebuah alternatif hebat dalam dunia perdapuran. Hehe. Istilah  baru tuh. Gue penciptanya. Mereka berhasil menemukan dan memanfaatkan kompor biogas yang berasal dari limbah tahu. Tahu kan lembek, gak berbahaya, makanya nih kompor biogas juga gak bahaya. Nyambung gak ya? Tapi yang jelas kata mereka sih nih sumber panas biayanya jauh lebih murah daripada yang dibangga-banggain pemerintah, gas LPG.  Gak gampanag meledak deh. Jadi, gak bikin takut ibu-ibu di rumah. Sebagian besar warga sana udah beralih ke kompor limbah tahu ini. Ini artinya, program konversi pemerintah gak sukses dong di Desa ini. Pikirin dong itu. Warga mah bilang kalo kompor penemuan mereka ini lebih efektif dan efisien karena pemanasannya lebih cepat. Jadi, masakan lebih cepat disantap. Namanya juga kalo perut kosong. Maunya cepat disumpel kan?

Cukup dengan modal 15 ribu perak, warga di sana udah bisa nikmatin kenyaman masak pake kompor biogas limbah tahu. Hahai. Pemakaiannya pun bisa sepuasnya. Jadi, gak Cuma operator seluler dong yang bisa bilang ‘sepuasnya’. Warga sana pun gak takut kekurangan bahan bakar limbah tahu karena 80 %  warga setempat adalah pengrajin tahu dan tempe.

Nah, intinya ini adalah sebuah cermin buat pemerintah mengenai program kontroversinya. Pemerintah harus cari alternatif lagi buat rakyatnya. Rakyat udah banyak yang takut tuh pake LPG. Udah banyak yang ditelan jiwanya. Hehe. Gue yakin pemerintah nanti bisa lakuin yang terbaik. Masa’ ahli-ahli yang sekarang menjabat bisa kalah sama warga Desa Adiwerna yang bisanya Cuma bikin tahu dan tempe?